Iklan 2

Rabu, 25 September 2013

Tidak Perlu Kaya Untuk Bersedekah


Tidak perlu kaya untuk bersedekah
Bai Fangli adalah warga Cina yang bekerja sebagai pengayuh becak selama 20 tahun.
Dia telah menyumbangkan sekitar US$ 57.000 (Rp 600 juta lebih) untuk membiayai sekolah 300 siswa miskin
Di musim dingin pada umur 90 tahun dia sumbangkan uang US$ 80 terakhir yang dia miliki ke seorang guru sambil berkata: "Ini adalah sumbanganku yang terakhir karena aku sudah tidak mampu bekerja"
Bai meninggal pada umur 93 tahun.
Anda tidak harus jadi kaya untuk bisa bersedekah
Malah boleh dikata 90% orang2 kaya justru terlena dgn kekayaannya dan lupa dengan yang di bawah.

Rasulullah SAW bersabda, "Satu dirham bisa mengalahkan seratus ribu dirham." Para sahabat bertanya, 'Bagaimana bia demikian'


كان لرجل درهمان تصدق بأحدهما، وانطلق رجل إلى عرض ماله، فأخذ منه مائة ألف درهم فتصدق بها


"Ada orang yang memiliki 2 dirham, kemudian dia sedekahkan satu dirham. Sementara itu ada orang yang memiliki banyak harta, kemudian dia mengambil seratus ribu dirham untuk sedekah." (HR. An Nasai)

Sedekah dengan sebuah kurma pun jika ikhlas, pahalanya bisa sebesar gunung:
Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata: 
Rasulullah saw. bersabda: Tidaklah seorang yang bersedekah dengan harta yang baik, Allah tidak menerima kecuali yang baik, kecuali (Allah) Yang Maha Pengasih akan menerima sedekah itu dengan tangan kanan-Nya. Jika sedekah itu berupa sebuah kurma, maka di tangan Allah yang Maha Pengasih, sedekah itu akan bertambah sampai menjadi lebih besar dari gunung, sebagaimana seseorang di antara kalian membesarkan anak kudanya atau anak untanya. (Shahih Muslim No.1684)

Hadis riwayat Adi bin Hatim ra., ia berkata: 
Aku mendengar Nabi saw. bersabda: Barang siapa di antara kalian mampu berlindung dari neraka walau hanya dengan separoh kurma, maka hendaklah ia melakukannya (bersedekah). (Shahih Muslim No.1687)

Lihat bagaimana seorang kuli angkut barang pun bisa bersedekah:

Hadis riwayat Abu Masud ra., ia berkata: 
Ketika kami diperintahkan untuk bersedekah, kami menjadi kuli angkut (dan kami bersedekah dari upah pekerjaan itu). Abu Aqil bersedekah dengan setengah sha`. Seseorang membawa sedekah sedikit lebih banyak darinya. Orang-orang munafik berkata: Sesungguhnya Allah tidak butuh sedekah orang ini, orang ini melakukan hal itu hanya untuk pamer. Lalu turunlah ayat: yaitu orang-orang yang mencela orang-orang mukmin yang memberi sedekah dengan sukarela dan mencela orang-orang yang tidak mendapatkan "sesuatu untuk disedekahkan" selain sekedar jerih payahnya. (Shahih Muslim No.1692)

http://mediaislamraya.blogspot.com/2013/09/sedekah-orang-miskin.html

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar