Iklan 2

Senin, 16 Maret 2015

Perbedaan 2 Wahabi?


Inilah perbedaan 2 Wahabi versi Wahabi... :)
Menurut mereka Wahhabi itu sebetulnya pengikut Abdul Wahhab bin Rustum yang lahir tahun 211 H. Menurut mereka ini adalah kaum Khawarij yang mengkafirkan kaum muslimin yang melakukan dosa. Memberontak kepada pemerintah kaum Muslimin. Namanya memang Abdul Wahhab. Karena itu pengikutnya disebut Wahhabi.
Ada pun Muhammad bin Abdul Wahhab lahir tahun 1206 H. Keyakinan "Ahlus Sunnah". Segala dosa diampuni Allah sebelum nyawa di kerongkonan. Tunduk dan patuh kepada pemimpin kaum Muslimin dalam hal kebaikan. Abdul Wahhab adalah nama ayar beliau. Pengikutnya seharusnya dipanggil "Muhammady".

Nah yang kita tanya, sekarang siapa sih ummat Islam yang mengikuti dan mengagumi Rustum? Ada tidak? Jangan2 Rustum ini cuma tokoh khayalan Wahhabi untuk mengelabui ummat Islam soal Wahabi. Yang ada saat ini adalah pengikut dan pengagum Muhammad bin Abdul Wahhab.

Seharusnya dipanggil Muhammady, kata Wahabi. Nah Wahabi sendiri ada tidak yang mengakui dirinya sebagai Muhammady? Jika tidak ada, kenapa minta orang lain memanggil seperti itu?

Lagi pula dalam Islam tidak meski memanggil nama langsung sebagai paham. Bisa saja memanggil dengan nama bapak atau kakeknya. Contoh Mazhab Imam Ahmad bin Hanbal itu tidak disebut Ahmadi. Tapi Mazhab Hanbali. Pengikutnya juga disebut Hanbali. Bukan Ahmadi. Jadi argumen Wahabi ini lemah dan tidak berdasar.

Lagi pula apa bedanya Wahabi Rustum dgn Wahabi Mbaw dalam mengkafirkan Muslim? Karena hanya menerima hadits yang menyatakan semua bid'ah itu sesat dan menolak adanya bid'ah hasanah / ni'mal bid'ah yang dipahami sahabat seperti Umar bin Khothob dalam Tarawih Berjama'ah dan Abu Bakar dalam pembukuan Kitab Suci Al Qur'an, akhirnya Wahabi memfitnah Muslim yang melakukan Bid'ah Hasanah sebagai Ahlul Bid'ah yang sesat. Kemudian Muslim NU yang ziarah dan doa di kuburan mereka fitnah sebagai Musyrik yang berdoa minta kepada kuburan. Apa bedanya?

Kemudian soal Bughot / Berontak kepada pemerintah yang ada, bukannya Muhammad bin Abdul Wahhab bersama Ibnu Su'ud dgn bantuan senjata Inggris berontak kepada para penguas Najd, Thaif, Mekkah, dan Madinah yang saat itu di bawah perlindungan Kekhalifahan Turki Usmani? Kemudian Wahabi bersama Ikhwanul Muslimin melakukan Bughot / Pemberontakan di Libya, Suriah, Iraq, Afghanistan, dsb? Di Indonesia dulu Wahabi juga menghancurkan Kerajaan Pagaruyung di Minang pada tahun 1800-an? Zaman Bung Karno Wahhabi berontak pada pemberontakan PRRI, DI/TII, NII, dsb?

Jadi saat Zionis Inggris dan AS memerintahkan Wahabi untuk berontak via pemerintah Arab Saudi, niscaya mereka akan bughot.

Ini ada tulisan yang menarik:


DONGENG POPULER WAHHABIYYAH RUSTUMIYYAH

FATWA ULAMA AHLUS SUNNAH WALJAMA’AH TENTANG AJARAN SYEKH MUHAMMAD BIN ABDIL WAHHAB AT-TAMIMI

Al-Imam Ibn Abidin Al-Hanafi berkata :

Keterangan tentang pengikut Muhammad bin Abdul Wahhab, kaum Khawarij pada masa kita. Sebagaimana terjadi pada masa kita, pada pengikut Ibn Abdil Wahhab yang keluar dari Najd dan berupaya keras menguasai dua tanah suci. Mereka mengikuti madzhab Hanabilah. Akan tetapi mereka meyakini bahwa mereka saja kaum Muslimin, sedangkan orang yang berbeda dengan keyakinan mereka adalah orang-orang musyrik. Dan oleh sebab itu mereka menghalalkan membunuh Ahlussunnah dan para ulamanya sampai akhirnya Allah memecah kekuatan mereka, merusak negeri mereka dan dikuasai oleh tentara kaum Muslimin pada tahun 1233 H. (Hasyiyah Raddul Muhtar ‘ala Ad-Durr al-Mukhtar-juzuk 4- halaman 262).

Al-Imam Muhammad bin Abdullah bin Humaid Al-Hanbali An-Najdi berkata :

Abdul Wahhab bin Sulaiman At-Tamimi An-Najdi, adalah ayah pembawa dakwah Wahhabiyah, yang percikan apinya telah tersebar di berbagai penjuru. Akan tetapi antara keduanya terdapat perbedaan. Padahal Muhammad (pendiri Wahhabi) tidak terang-terangan berdakwah kecuali setelah meninggalnya sang ayah. Sebagian ulama yang aku jumpai menginformasikan kepadaku, dari orang yang semasa dengan Syaikh Abdul Wahhab ini, bahwa beliau sangat murka kepada anaknya, karena ia tidak suka belajar ilmu fiqih seperti para pendahulu dan orang-orang di daerahnya. Sang ayah selalu berfirasat tidak baik tentang anaknya pada masa yang akan datang. Beliau selalu berkata kepada masyarakat, “Hati-hati, kalian akan menemukan keburukan dari Muhammad.” Sampai akhirnya takdir Allah benar-benar terjadi. Demikian pula putra beliau, Syaikh Sulaiman (kakak Muhammad bin Abdul Wahhab), juga menentang terhadap dakwahnya dan membantahnya dengan bantahan yang baik berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Syaikh Sulaiman menamakan bantahannya dengan judul Fashl al-Khithab fi al-Radd ‘ala Muhammad bin Abdul Wahhab. Allah telah menyelamatkan Syaikh Sulaiman dari keburukan dan tipu daya adiknya meskipun ia sering melakukan serangan besar yang mengerikan terhadap orang-orang yang jauh darinya. Karena setiap ada orang yang menentangnya, dan membantahnya, lalu ia tidak mampu membunuhnya secara terang-terangan, maka ia akan mengirim orang yang akan menculik dari tempat tidurnya atau di pasar pada malam hari karena pendapatnya yang mengkafirkan dan menghalalkan membunuh orang yang menyelisihinya. (As-Suhub Al-Wabilah ‘ala Dharaih Al-Hanabilah-halaman 275).

Al-Imam Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan Asy-Syafi’I Al-Makki :

Sayyid Abdurrahman al-Ahdal, mufti Zabid berkata: “Tidak perlu menulis bantahan terhadap Ibnu Abdil Wahhab. Karena sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam cukup sebagai bantahan terhadapnya, yaitu “Tanda-tanda mereka (Khawarij) adalah mencukur rambut (maksudnya orang yang masuk dalam ajaran Wahhabi, harus mencukur rambutnya)”. Karena hal itu belum pernah dilakukan oleh seorang pun dari kalangan ahli bid’ah. (Fitnah Al-Wahhabiyah, halaman. 54).

Al-Imam Ahmad bin Muhammad As-Shawi Al-Maliki :

Ayat ini turun mengenai orang-orang Khawarij, yaitu mereka yang mendistorsi penafsiran al-Qur’an dan Sunnah, dan oleh sebab itu mereka menghalalkan darah dan harta benda kaum Muslimin sebagaimana yang terjadi dewasa ini pada golongan mereka, yaitu kelompok di negeri Hijaz yang disebut dengan aliran Wahhabiyah, mereka menyangka bahwa mereka akan memperoleh sesuatu (manfaat), padahal merekalah orang-orang pendusta. (Hasyiyah al-Shawi ‘ala Tafsir al-Jalalain- juzuk 3- halaman 307).

Pandangan Ulama empat madzhab di atas sangat jelas untuk ajaran Syekh Muhammad bin Abdil Wahhab At-Tamimi An-Najdi yang bernama Wahhabi, bukan untuk ajaran Abdul Wahhab bin Abdirrahman bin Rustum atau Firqah Wahbiyyah Rustumiyyah Ibadhiyyah.

KESIMPULAN

~ Firqah yang difatwakan sesat oleh Al-Lakhmi dalam dongeng adalah ajaran yang dinisbahkan kepada Abdul Wahhab bin Abdirrahman bin Rustum yang bernama Wahhabiyyah, tapi kenyataan nya dalam rujukan kitab itu, bukan bernama Wahhabiyyah tapi Wahbiyyah.

~ Wahbiyyah bukan nisbah kepada Abdul Wahhab bin Abdirrahman bin Rustum, tapi nisbah kepada Abdullah bin Wahbi Ar-Rasibi.

~ Wahbiyyah dan Wahhabiyyah adalah dua nama untuk dua ajaran yang berbeda dan masa berbeda.

~ Wahhabi atau Wahhabiyyah yang telah difatwakan sesat oleh Ulama Ahlus Sunnah Wal Jama’ah semua Madzhab, sejak kemunculan nya sampai sekarang adalah ajaran Syekh Muhammad bin Abdil Wahhab At-Tamimi An-Najdi, dan tidak ada hubungan dengan fatwa Al-Lakhmi.

~ Ada misi di balik dongeng tersebut, mereka ingin membela ajaran Syekh mereka dengan cara berdusta dan membodohi para pengikut setia mereka, dan mengalihkan semua Fatwa Ulama hlus Sunnah Waljama’ah kepada ajaran lain yang hampir serupa nama nya dalam penulisan dan bacaan nya.

~ Fatwa Ulama Ahlus Sunnah seluruh Madzhab, ditujukan kepada ajaran Syekh Muhammad bin Abdil Wahhab An-Najdi, yakni ajaran Salafi-Wahabi.

~ Wahabi dalam dongeng tersebut tidak ada hubungan dengan Salafi-Wahabi, bukan sebagai bukti sesat nya atau tidak sesat nya.

~ Wahhabi yang sesungguhnya hanya ada satu yakni ajaran Syekh Muhammad bin Abdil Wahhab At-Tamimi An-Najdi, karena ajaran Abdul Wahhab bin Abdirrahman bin Rustum tidak pernah dinamakan dengan nama Wahhabi kecuali hanya dalam dongeng itu saja.
http://warkopmbahlalar.com/4378/dongeng-populer-wahhabiyyah-rustumiyyah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar