Iklan 2

Minggu, 22 Desember 2013

Pahlawan Super (Super Hero) Islam

Kamala Khan: Muslim Super Hero Marvel yang baru!


Kamala Khan adalah Super Hero Muslim yang baru dari Marvel yang telah menerbitkan banyak super her seperti Iron Man, Hulk, The Avengers, Captain America, dsb. Kamala adalah gadis berusia 16 tahun dari New Jersey yang bisa berubah bentuk dan memanjangkan lengan dan kakinya dan menjadi Mis Marvel yang baru Kamala dirancang oleh Adrian Alphona, seorang penulis Mualaf  G. Willow Wilson, dan editor  Sana Amanat.

Kamala berasal dari keluarga imigran Pakistan. Dalam obrolan antara Sana Amanat dan Steve Wacker, dua orang editor di Marvel. “Saya menceritakan beberapa lelucon tentang masa kecil saya sebagai Muslim Amerika,” kata nona Amanat. “Dia menganggapnya lucu sekali.” 


Ketika mereka ceritakan G. Willow Wilson, seorang penulis buku komik yang baru masuk Islam tentang ide mereka, dia amat tertarik untuk bergabung sebagai penulis komik.


Khan adalah penggemar buku komik. Dia kemudian mengetahui kemampuan supernya dalam berubah bentuk dan memanjangkan lengan dan kakinya. Dia kemudian memakai nama Mis Marvel. Gelar yang sebelumnya dipakai oleh Carol Danvers, yang dikagumi oleh Khan.

Kamala mengalami banyak konflik. Dari saudara lelakinya yang Muslim ekstrim, ibunya yang takut jika Kamala pacaran dan hamil, serta ayahnya yang ingin Kamala tekun belajar dan jadi dokter. Di tengah-tengah itu, berkelahi melawan penjahat super adalah satu selingan.

Ada lagi Super Hero Muslim dari Marvel.  Sooraya Qadir atau Dust (Debu) adalah Muslim Sunni yang memiliki kekuatan mutan yang bisa merubah bentuk tubuhnya jadi debu. Sooraya lahir di Afghanistan dan diselamatkan oleh Wolverine dan Fantomex dari pedagang budak. Mereka menangkapnya ketika dia terpisah dari ibunya.

Sooraya Qadir memakai niqab / burqoh. Ini alasannya memakai niqab:

Sooraya Qadir ("Dust") menjelaskan ke ibunya kenapa dia memakai Burqa. Sooraya berkata:
I never wore it because of the Taliban, mother. I like the MODESTY AND PROTECTION it affords me from the eyes of men.Saya tidak pernah memakainya karena Taliban, ibu. Saya menyukai kesederhanaan dan PERLINDUNGAN yang diberikannya kepada saya dari mata kaum pria.

Selain itu ada juga the 99 (The Ninety-Nine) yang berdasarkan Asma'ul Husna. Setiap pahlawan memiliki kekuatan (yang tentunya jauh di bawah Allah SWT karena mereka adalah makhluq Allah) sebagaimana yang ada di 99 nama / sifat Allah.


Setelah peristiwa 9/11, Dr. Naif Al-Mutawa menulis komik pahlawan super Islam 'The 99' -- yang berlandaskan akan keyakinannya. Para pahlawan super memiliki kekuatan, keberanian, dan juga kebijaksanaan. The 99 berhasil dan bekerjasama dengan Batman dan Superman dari Liga Keadilan memerangi para penjahat super.

Dr. Ramzi, a scholar and social activist lead the 99 youngsters (some of them children), with special abilities conferred to them by "Noor" gemstones. The kids are from various countries such as US, Saudi Arabia, Hungary, Indonesia, etc. They fight the evil characters led by the power-hungry Rughal, who seeks to steal the power of the Noor stones and their bearers for his personal benefit. 


Some of the members of The 99:

  • Bari - Healer
Haroun Ahrens; tactile healing abilities
  • Batina - Hidden
Rola Hadramy; can render herself and others unseeable, and make visible that which is hidden (including encrypted computer files)
  • Fattah - Opener
Toro Ridwan; teleportation
  • Hadya - Guide
Amira Khan; tracker / navigator
  • Jabbar - Powerful
Nawaf al-Bilal; super-strength
Nawaf is a normal teenager until an explosion shatters a hidden "Noor stone", embedding shards of the stone in his skin. The shards trigger Nawaf's transformation from a gawky teenager into a two-metre tall giant weighing 200 kilograms. The Saudi military government unsuccessfully tries to contain Nawaf. Finding that he is unstoppable, they turn to a world expert on Noor stones, Doctor Ramzi Razem. Razem teaches Nawaf that he needs only add self-control and compassion to be a formidable force for good.
  • Musawwira - Organizer
Abena “Liza” Dagate; ability to instil order intuitively




Reference:

http://marvel.com/news/comics/2013/11/6/21466/all-new_marvel_now_qa_ms_marvel

Mighty, Muslim and Leaping Off the Page
Marvel Comics Introducing a Muslim Girl Superhero

Marvel Comics debuts female Muslim superhero
16-year-old Muslim-American girl Kamala Khan can lengthen her arms and legs and change shape.

Muslim convert behind Marvel's Pakistani-American superhero

Sooraya Qadir (Earth-616)
http://marvel.wikia.com/Sooraya_Qadir_(Earth-616)

Marvel's Lady Liberators
http://marvelsladyliberators.tumblr.com/page/30

The Religious Affiliation of Comic Book Character
Sooraya Qadir (Dust) of the New Mutants at Xavier Institute for Higher Learning
http://www.adherents.com/lit/comics/Dust.html

http://www.the99.org

The 99: Islamic superheroes going global
http://edition.cnn.com/2013/06/11/showbiz/comic-book-heroes-the-99-write


'Why I based superheroes on Islam'
http://news.bbc.co.uk/2/hi/8127699.stm

The Ninety-Nine comic books in Library Special Collections
http://blogs.library.ucla.edu/special/2012/07/18/the-ninety-nine-comic-books-in-library-special-collections/

http://en.wikipedia.org/wiki/The_99

Tidak ada komentar:

Posting Komentar